6 Tips Mencegah Terjadinya Obesitas pada Remaja

Obesitas pada remaja umum terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Obesitas bukanlah kondisi yang bisa disepelekan begitu saja, karena obesitas merupakan sejumlah penyakit yang berbahaya.

Namun, bagaimana cara mencegah obesitas, terutama pada temaja? Tentunya kamu bisa melakukan sejumlah langkah berikut untuk menghindari obesitas.

1. Hindari Makanan Olahan

Hal yang pertama adalah dengan menghindari makanan olahan, yang dimana menghindari makanan olahan yang mengandung tinggi lemak, kalori, dan gula sangat disarankan untuk obesitas padda remaja.

Kamu pun perlu menghindari karbohidrat olahan, seperti roti putih, nasi putih, soda, tepung puting, kue kering, sereal, dan pasta yang terjual secara kemasan.

Bukan hanya karbohidrat olahan saja, kamu pun perlu menghindari beberapa makanan yang memang mengandung karbobhidrat sederhana dan tidak berprotein, karena hal ini hanya akan menyebabkan lonjakan gula darah dengan sangat cepat.

2. Penuhi Asupan Protein Harian

Memenuhi asupan protein harian bisa meningkatkan metabolisme tubuh, yang dimana jika jumlahnya mencukupi, metabolisme dapat meningkat hingga 80-100 kalori per harinya.

Mencukupi asupan protein dalam tubuh pun bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama yang membuat nafsu makan kamu akan menurun dan tentunya dengan ini akan menghindari terjadinya obesitas.

Bahkan, tak hanya itu, energi yang didapatkan oleh tubuh karena protein yang cukup akan membuat tubuh lebih optimal untuk beraktivitas dan tidak mudah lelah.

3. Cukupi Waktu Tidur dan Cairan Dalam Tubuh

Mencukupi waktu tidur merupakan salah satu kunci kestabilan berat badan, bahkan tidur yang cukup juga membuat kita terbebas dari berbagai penyakit lainnya.

Jika kurang waktu tidur, maka kamu akan lebih mudah mengalami kegemukan secara tidak langsung.

Nah, setelah mencukupi waktu tidur, perlu diperhatikan juga kamu harus mengonsumsi banyak air putih untuk menghindari terjadinya obesitas.

Tentunya, seperti yang kita ketahui, kita dianjurkan untuk minum sehari minimal 8 gelas atau lebih.

Dengan mengonsumsi 0.5 liter air putih, hal ini dapat meningkatkan kalori yang dibakar oleh tubuh, yaitu dengan sebantyak 24-30 persen selama satu jam setelah mengonsumsinya.

4. Batasi Asupan Gula

Membatasi asupan gula juga bisa membantu menghindari obesitas, yang dimana mengonsumsi makanan atau minuman dengan tambahan gula dapat memicu terjadinya sejumlah penyakit-penyakit berabahaya, seperti diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit jantung.

Hal ini pun tak lain dari penyakit obesitas yang bisa terpicu karena asupan gula terlalu banyak. Maka dari itu, kamu perlu meminimalisir asupan gula tambahan untuk memperbaiki pola makan kamu.

Kamu pun harus menghindari minuman beralkohol, soda, serta jus buah kemasan.

5. Makan Secara Perlahan

Makan yang terlalu cepat ternyata bisa membuat tubuh lambat menyadari jika sudah kenyang dan hal ini menjadi salah satu penyebab kegemukan.

Makan yang terburu-buru lebih sering menyebabkan kegemukan dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan secara perlahan.

Karena, mengunyah makanan secara perlahan akan membantu kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori serta bisa meningkatkan hormon yang memicu turunnya berat badan.

6. Lakukan Diet Rendah Karbohidrat

Tips yang terakhir ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan, yang dimana dengan membatasi konsumsi karbohidrat akan membuat kamu lebih banyak mengonsumsi lemak sehat dan protein.

Hal ini pun bisa mengurangi nafsu makan, sehingga kamu tidak mengonsumi makanan lagi secara berlebihan.

Mencegah obesitas harus dilakukan sejak dini dan jadikanlah hal-hal tersebut menjadi gaya hidup kamu sehari-hari, agar berat badan bisa tetap sehat dan kuat.