5 Makanan Dan Minuman Untuk Kesehatan Gigi

Gigi merupakan bagian tubuh yang perlu dirawat. Lakukan perawatan rutin di klinik gigi bila diperlukan, atau cukup perhatikan pola makan dan rutinitas Anda. Kedengarannya mudah, ternyata Anda bisa menjaga kesehatan gigi  dengan  makan sehat.Ini adalah asam yang  merusak email gigi, menyebabkan gigi menjadi rusak dan gigi berlubang. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan gigi, Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang layak untuk dikonsumsi. Berikut makanan dan minuman yang baik untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

Makanan yang Mengandung Kalisum Seperti Susu  

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan gigi adalah yang mengandung kalsium dan fosfor, makanan yang mengandung kalsium terdapat pada susu, keju, kacang almond dan daun-daunan, sedangkan makanan yang mengandung fosfor terdapat pada daging, telur dan ikan. American Dental Association, makanan ini bisa memperkuat gigi. Susu tanpa pemanis dapat menetralkan kondisi asam di rongga mulut.Namun, ketika dicampur dengan muesli, susu  berubah menjadi sirup manis yang  tidak baik untuk gigi. Sebaiknya konsumsi susu secara terpisah setelah makan makanan manis. Untuk daunnya, daun kangkung bisa menjadi  pilihan karena kaya akan serat dan flavonoid. antioksidan dan anti inflamasi untuk menyembuhkan Gusi. 

Permen Karet Tanpa Gula

Mengunyah dapat merangsang produksi air liur. Air liur dalam jumlah besar dapat membunuh bakteri  di dalam mulut. Untuk ini Anda bisa mengunyah permen karet untuk mendapatkan banyak air liur. Namun, pilihlah jenis permen karet probiotik atau susu  yang dikandungnya. mikroorganisme yang disebut Lactobacillus reuteri. Bakteri ini dapat melawan peradangan di rongga mulut dengan mengurangi keberadaan sitokin dalam cairan di sekitar gusi.

Makanan dengan Tekstur Renyah

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan gigi  adalah yang memiliki tekstur renyah. Makanan dengan tekstur renyah seperti wortel, apel, mentimun, dan batang seledri  membutuhkan banyak usaha untuk mengunyah. Namun usaha ini tidak sia-sia, karena mengunyah dapat menghambat pembentukan plak dan berfungsi sebagai self-cleanser untuk membersihkan partikel makanan. Makan apel setelah makan dapat mencegah penyakit gigi. Manfaat lain dari apel, karena mengandung tingkat keasaman ringan, apel juga dapat membantu gigi Anda.Jika Anda merasa lapar di sore hari, wortel bisa menjadi pilihan camilan yang enak. Kandungan gula alami dapat meningkatkan energi. Selain itu, vitamin A yang dikandungnya sangat baik untuk menjaga kesehatan gusi. Anda juga bisa menggunakan batang seledri sebagai pengganti kentang goreng. Batang seledri mengandung sumber vitamin C yang baik untuk menyembuhkan gusi bengkak.

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, lobak dan selada memberi tubuh vitamin dan mineral untuk meningkatkan kesehatan mulut. Nutrisi yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau termasuk vitamin A, vitamin C, beta-karoten, fosfor, kalsium dan magnesium. Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya kaya akan magnesium. Brokoli mengandung  vitamin C dan fosfor yang tinggi. Fosfor dan mineral yang tersimpan dalam gigi dan tulang  membantu keseimbangan tubuh sekaligus menyerap kalsium dan magnesium.

Jeruk

Buah jeruk diperlukan untuk kesehatan mulut karena jeruk kaya akan vitamin C. Orang yang kekurangan vitamin C dapat mengalami gusi berdarah, yang dapat menyebabkan ketidakstabilan gigi. Pastikan untuk makan jeruk dan buah-buahan segar lainnya seperti nanas, tomat, dan mentimun, yang semuanya kaya akan vitamin C. Buah-buahan segar dapat menyehatkan gusi,  membersihkan gigi dan meningkatkan produksi air liur, yang terbawa melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Itulah 5 Makanan dan Minuman Yang dapat menjaga Kesehatan gigi kalian!.