Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Gerd yang Perlu Anda Ketahui

Kamu pernah merasakan rasa mual, nyeri pada bagian ulu hati, ataupun rasa pahit yang sangat mengganggu di area tenggorokan? Bisa jadi kamu terkena gerd.

Apa itu gerd? Gerd adalah kondisi dimana asam lambung naik hingga ke area kerongkongan diakibatkan katup lambung yang tidak dapat berfungsi secara optimal.

Bagaimana seseorang dikatakan memiliki gejala gerd? Biasa gerd akan terjadi dalam 2x periode selama seminggu.

Walaupun demikian, gejala ini harus diketahui secara pasti ataupun jelas, karena gejala yang dibawa gerd mirip dngan gejala penyakit pencernaan lainnya.

Nah, gimana dengan gejala gerd yang sering atau umum dialami oleh orang-orang? Yuk simak.

1.Dada Panas

Salah satu gejala yang paling sering atau umum dialami oleh orang yang terkena gerd adalah area dada terasa sangat panas atau terbakar.

Hal ini biasa disebut juga sebagai heartburn yang membuat rasa tidak nyaman berlebihan, biasanya tingkat heartburn setiap orang akan berbeda-beda.

Menurut studi yang dilakukan di US, terdapat 60 juta warga US mengalami heartburn yang terjadi ketika gerd mereka kambuh.

Bahkan, efek yang paling parah dari heartburn adalah beberapa orang mengira terkena serangan jantung mendadak.

2.Nyeri Dada

Nyeri dada juga biasanya akan menyertai bersama heartburn, setiap orang akan mengira mereka terkena serangan jantung.

Biasanya nyeri dada yang diakibatkan oleh gerd akan terasa berbeda, karena area sakit terdapat pada dada dan menjalar ke bagian perut dan leher.

Namun, apabila kondisinya sudah semakin parah, gerd juga dapat muncul setelah seseorang sesudah makan dan akan semakin parah dimalam hari.

Selain itu, serangan jantung akan lebih terasa sakit dan nyeri di bagian dada sebelah kiri.

3.Bau napas tidak sedap

Tentunya bau napas tidak hanya terjadi pada prang yang belum makan atau belum menykat gigi.

Pada umumnya, penderita gerd juga akan mengalami hal yang serupa dikarenakan asam lambung yang naik.

Tentunya hal tersebut akan mengganggu interaksi dengan orang lain, dan umumnya gejala bau mulut juga akan disertai dengan gejala regugitasi.

4.Regurgitasi

Regurgitasi adalah rasa pahit yang tidak nyaman diarea tenggorokan dan setidaknya terdapat 80% orang penderita gerd mengalami hal tersebut setelah makan.

Gejala ini mirip seperti dengan keadaan ketika orang ingin merasakan muntah namun tidak bisa atau tidak jadi, yang membuat mulut akan terasa pahit ataupun asam dari makanan yang baru saja dimakan.

Beberapa gerakan juga bisa menjadi pemicu regurgitasi seperti gerakan membungkuk setelah makan, melakukan olahraga tanpa melakukan pemanasan, ataupun makan dengan porsi yang terlalu banyak.

5.Batuk Kronis

Batuk kronis ternyata juga bisa menjadi salah satu gejala bahwa kamu sudah terkena gred tanpa disadari.

Hal tersebut bisa terjadi karena batuk adalah salah satu bentuk reaksi iritasi dalam tubuh kita sebagai salah satu respon masuknya sebuah benda asing.

Di dalam kasus gerd, batuk akan terjadi sebagai bentuk pertahanan yang dilakukann oleh tubuh ketika asam lambung terdeteksi di sekitar area laring, yaitu saluran pernapasan yang akan membawa udara ke trakea.

Batuk juga bisa menjadi reflek tubuh mengenai apa yang terjadi ataupun bermasalah pada sistem pencernaan, khususnya bagian atas.

Jadi, kira-kira begitulah gejala umum yang akan dialami oleh penderita gerd, kamu pernah salah satunya? Konsultasikan kepada dokter atau praktisi kesehatan jika kamu mengalami gejala tersebut dan sudah menggangu aktifitas sehari-hari kamu.