Cara Mengobati Keracunan Makanan Di Rumah Paling Ampuh

Keracunan makanan memang sudah sangat sering terjadi. Apalagi saat kita suka beli makanan dan juga minuman sembarangan di luar. Itulah kenapa, sejak kecil kita sudah di wanti – wanti oleh orang tua kita agar tak sembarangan jajan.

Keracunan makanan biasanya terjadi saat pathogen mencemari makanan atau minuman yang masuk ke tubuh kita. Ada beberapa pathogen yang bisa menyebabkan keracunan seperti Listeria, Norovirus, Campylobacter, Salmonella, hingga Clostridium perfringens.

Lalu, kalau sudah terjadi, apa sih yang bisa kita lakukan untuk mengobati keracunan makanan ini? Yuk simak di bawah.

1. Konsumsi Probiotik

Probiotik merupakan sebuah organisme yang bisa membantu menjaga bioma usus kalian. tiap orang pasti punya bakteri yang hidup di dalam usus. Bakteri tersebut terdiri dari bakteri baik dan bakteri jahat. Nah, keracunan makanan ini bisa membuang keseimbangan di antara bakteri jahat dan baik pada usus.

Meminum probiotik akan bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati keracunan makanan. Hal ini di karenakan probiotik bisa mengembalikan keseimgbangan bakteri di dalam usus. Bahkan, probiotik juga bisa memperkuat usus sehingga akan melindungi kalian dari penyakit keracunan makanan di masa depan.

2. Istirahatkan Tubuh

Mengistirahatkan tubuh merupakan salah satu cara yang sederhana yang bisa di lakukan untuk mengobati keracunan makanan. Kalian bisa beristirahat saja hingga kalian merasa lebih baik. Setelah itu, jangan minum atau makan selama beberapa jam setelah tumbul gejala keracunan makanan ya.

Sesudah kalian mulai minum dan makan lagi, coba lah untuk mengonsumsi makanan yang lembut dan juga hambar, misalnya minuman elektrolit atau biscuit yang lembut. Atau kalian bisa juga menghisap es batu supaya tubuh tetap terhidrasi.

3. Makan Makanan Hambar

Saat kalian maish bisa makan makanan dalam kondisi perut yang sakit, maka usahakanlah untuk memakan makanan yang rasanya hambar serta lembut supaya lebih gampang untuk kita cerna di dalam tubuh.

Sepanjang kita masih merasakan gejala keracunan makanan, maka tetaplah makan makanan yang hambar, rendah serat, dan juga rendah lema. Karena, lemak ini lebih susah di cerna oleh perut kalian. apalagi saat sedang bermasalah. Hindari dulu makanan berlemak untuk mencegah masalah perut lebih lanjut.

4. Minum Minuman Herbal

Minum minuman herbal juga bisa sangat membantu kita mengobati keracunan makanan. Hal ini di karenakan minuman herbal bisa membuat tubuh tetap terhidrasi serta di yakini bisa meredakan gejala sakit perut.

Beberapa herbal yang di yakini bisa bermanfaat untuk mengobati keracunan makanan seperti mint dan jahe. Jahe sendiri merupakan sebuah bahan pokok di dalam praktik pengobatan tradisional dari berbagai budaya yang ada.

Bahkan, banyak studi yang menunjukkan kalau jahe bisa meredakan rasa mual saat system pencernaam sedang terganggu. Minta juga bisa membuat perut kita jadi lebih tenang.

5. Hidrasi Diri

Asupan cairan memang sangat penting bagi tubuh kita untuk bisa melawan efek keracunan makanan. Muntah serta diare akan bisa menyebabkan dehidrasi, jadi minum atau mengisap es batu merupakan sebuah titik awalan yang sangat bagus untuk mengobati keracunan makanan.

Minuman olahraga yang punya kandungan elektorlit merupakan cara lain yang juga terbaik yang bisa mencegah dehidrasi setelah kita keracunan makanan. Minuman ini akan sangat membantu dalam menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Itulah berbagai cara mengobati keracunan makanan yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat.