5 Cara Mencegah Kanker Usus Besar Yang Harus Kamu Tahu!

Tak ada cara yang pasti untuk mencegah penyakit kanker usus besar. Tetapi, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk bisa membantu menurunkan risikonya. Kanker usus besar atau kanker kolorektal merupakan sejenis kanker yang di mulai di usus besar atau rectum kalian.

Lalu, bagaimana sih cara mencegah kanker usus besar ini? Yuk coba simak di bawah.

1.Hindari Alkohol

Konsumsi alcohol yang sedang sampai berat seringkali di kaitkan dengan risiko kanker usus besar dan rectum yang tinggi. Bukti penelitian menunjukkan kalau biasanya pengaruh alcohol terhadap risiko kanker usus besar lebih kuat berisiko pada pria daripada wanita. Sebaiknya batasi alcohol hingga 2 gelas sehari untuk pria dan 1 untuk wanita.

2.Jaga Berat Badan Yang Sehat

Pria dan wanita yang kelebihan berat badan atau mengalami obesitas lebih mungkin untuk mengalami kanker usus besar. Bahayanya cenderung lebih tinggi di pria apalagi bagi mereka yang punya banyak lemak perut.

Ada sebuah studi yang di terbitkan di bulan Oktober 2018 di Jurnal JAMA Oncology yang melacak kesehata lebih dari 85.000 wanita selama 22 tahun. Hasilnya, makin tinggi ideks massa tubuh atau BMI wanita, maka makin besar risikonya terkena kanker usus besar sebelum umur 50 tahun.

Studi ini juga menunjukkan kalau wanita dengan umur 20 – 49 tahun yang kelebihan berat badan atau obesitas punya risiko 2 kali lipat terkena kanker usus besar di bandingkan dengan wanita yang punya BMI rendah.

3.Atur Asupan Makan

Asupan makanan memiliki peran yang besar dalam mempengaruhi kanker usus besar. Makan daging merah seperti sapi dan domba serta daging olahan tertentu seperti steak, sosis, dan hot dog bisa meningkatkan risiko kanker usus besar.

Jadi, di anjurkan untuk mengurangi konsumsi daging merah serta daging olahan untuk mencegah kanker usus besar. Makan banyak buah – buahan serta sayuran bisa menurunkan risiko kanker usus besar dan dubur.

4.Hindari Merokok

Seorang perokok mempunyai risiko 50% lebih tinggi terkena kanker usus besar di bandingkan dengan mereka yang tak pernah merokok. Artinya, kalian harus menghindari bahkan mencoba berhenti merokok untuk mencegah kanker usus besar dengan mengurangi risikonya.

Sebuah studi selama 12 tahun terhadap lebih dari 180.000 orang menemukan kalau ada hubungan antara merokok dan risiko kanker usus besar. Risiko paling besar ada di perokok lama. Risiko pun menurun untuk mantan perokok yang berhenti merokok sebelum umur 40 tahun atau yang tak merokok selama lebih dari 31 tahun.

5.Rutin Olahraga

Olahraga dengan teratur bisa membantu kalian mengatur berat badan serta mengurangi risiko kanker usus besar. Makin berat olahraganya, maka akan semakin berpotensi mencegah kanker usus besar. Sementara, olahraga yang teratur dan sedang merupakan olahraga yang sedikit meningkatkan detak jantung, seperti jalan cepat.

Hal ini di dasarkan pada studi National Cancer Institute terhadap lebih dari 1,4 juta orang yang terbit pada bulan Juni 2016 di dalam jurnal JAMA Internal Medicine. Studi menunjukkan kalau tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi membuat risiko terkena kanker usus besar 16% lebih rendah serta risiko terkena kanker rektal 13% lebih rendah.

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa kalian lakukan untuk mencegak kanker usus besar. Semoga bermanfaat.